Gambar

Manfaat Madu Bagi Kehidupan



MADU LEBAH
Sejak awal sejarah manusia, madu merupakan produk perlebahan yg paling popular yg di manfaatkan manusia sebagai obat, makanan, perawatan, kecantikan, bumbu penyedap rasa bahkan sebagai balsam mumi.
Apakah madu itu? Madu adalah cairan nectar bunga yg di himpun oleh lebah madu kedalam kantong madu di dalam tubuhnya. Nectar bunga yg telah di hisap di olah dalam tubuh lebah dengan di campur enzim tertentu kemudian dikeluarkan kembali ketempat penyimpanan madu di sarang lebah.

Komposisi madu
Kandungan madu sangat beraneka ragam tergantung dari sumber nektar dimana lebah memperolehnya. Namun di manapun nektarnya, madu merupakan sumber gizi yg sangat lengkap.
Madu mengandung vitamin_mineral, protein, zat hidrat arang, hormon antibiotic dan trace element. Vitamin A, semua jenis vitamin B kompleks, beta carotene vitamin C D E dan K.Mineral dalam bentuk garam: Mg, S, Fe, Ca, Cl, K, Na, Cu dan Mn.Madu murni mengandung enzim aktif yg tidak dapat di produksi manusia. Enzim inilah unsur yg paling penting di dalam madu yg berfungsi sebagai kelangsungan reaksi kimia biologis lem metabolisme dalam tubuh. Enzim di dalam madu merupakan enzim terbaik yg dapat kita peroleh dari semua makanan yg ada.

Khasiat madu

  • Meningkatkan stamina, vitalitas dan energi.
  • Menyembuhkan luka baru,
  • Luka bakar.
  • Sariawan
  • Sakit pada persendian
  • Demam,
  • Menghangatkan badan
  • Sakit lambung
  • Batuk
  • Menghaluskan kulit(masker/lulur)
  • Mengeringkan jerawat
  • Tonikum
  • Baik untuk bayi
  • Insomnia
  • Mempercepat penyembuhan

Kristal pada madu
Kristal pada madu adalah salah satu yang sering dia anggap sebagai masalah di samping fermentasi. Secara alamai madu cenderung mengkristal karena madu adalah cairan (solusi?) gula yang sangat jenuh. Umumnya Kristal yang terbentuk berukuran besar dan kasar sehingga tidak di sukai oleh konsumen. Bagi mereka di samping kurang nyaman, madu yang mengkristal di anggap madu palsu atau madu yang telah rusak dan berubah bentuk. Para pengusaha madu biasanya menjelaskan bahwa Kristal pada madu adalah phenomena normal. Ada juga yang menjelasannya kurang bisa di pertanggung jawabkan dengan mengatakan bahwa hanya madu bagus yang mengkristal.
Pengkristalan sebenarnya tidak hanya terjadi pada madu. Sirup glukosa dan sirup fruktosa juga mengalami pengkristalan. Madu yang berasal dari pohon locust, jujube,dan randu tidak mudah mengkristal. Memang tidak gampang menjelaskan masalah ini pada konsumen. Madu yang cepat terjual dan terpajang di toko dengan waktu yg singkat, jarang sekali mendapatkan masalah dengan pengkristalan. Sedangkan madu yg kurang laku mempunyai resiko lebih tinggi untuk terjadinya pengkristalan. Disamping itu citranya jadi kurang bagus dan biayanya meningkat karena harus melakukan penukaran terhadap madu yang mengkristal. Mengatasi masalah Kristal pada madu adalah rangkaian system. Tidak hanya masalah temperature dan penyaringan, tapi juga bagaimana mengatur keseimbangan produksi dan penjualan, serta penerapan metode operasional yang tepat dan disiplin.
Di berbagai negara, banyak konsumen yang menyukai madu kristal atau madu cream. Harganya lebih mahal dari madu biasa. Namun kristalnya berbeda dengan yang telah di uraikan sebelumnya. Kristal pada madu cream sangat lembut, hasil dari pengolahan pasteurisasi dan control temperature yang cermat. Madu cream yang bagus karakternya seperti mentega pada temperature kamar dan tidak menetes ketika di balik. Kristalnya begitu lembut, nyaris tak terasakan oleh lidah.

Anjuran Berobat dengan Madu
Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga bersabda, “Jika di sebagian obat-obatan yang kalian gunakan terdapat kebaikan, maka itu terdapat dalam minuman madu, sayatan alat bekam, atau sundutan dengan api, tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan api.” (HR. Al-Bukharî no.5702)

Nilai Kalori Madu:
Setiap 1 kg madu mempunyai nilai 2.940 kalori dan menurut daftar Depkes perbandingan 1 kg madu sama dengan nilai:
= 50 butir telur ayam
= 5.675 liter susu sapi
= 1.680 kg daging sapi
= 40 buah jeruk dan 25 buah pisang

Beberapa manfaat Madu:
• Menghaluskan/ melembutkan kulit
• Meredakan infeksi kulit ringan
• Pembersih muka (Masker)
• Penambah stamina bagi tubuh
• Mengobati penyakit osteoporosis
• Batuk
• Gangguan pencernaan
• Sakit (radang) tenggorokan
• Migraine (sakit kepala)
• Pertumbuhan gigi pada Anak
• Mengobati penyakit susah tidur
• Bisa menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak-anak
• Membantu menyembuhkan animea
• Menguatkan jantung dan masih banyak lagi

Rahasia Kehebatan Madu yang Terungkap oleh Kedokteran Modern
1.Bakteri Tidak Mampu Melawan Madu
Demikian judul sebuah artikel yang dipublikasikan di Majalah Dis Lancet Infect, bulan Februari 2003 M. Dalam artikel ini, Dr. Dixon menegaskan adanya kekuatan besar di dalam madu yang mampu mengalahkan bakteri, di mana bakteri-bekteri itu tidak mampu bertahan di hadapan madu. Penulis menganjurkan untuk menggunakan madu dalam mengobati berbagai jenis luka, termasuk luka bakar.

2.Penggunaan Madu Sebagai Anti luka
Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Majalah Ann Plast Surg, bulan Februari 2003 M, dilakukan penelitian terhadap 60 pasien berkebangsaan Belanda yang terkena luka dalam, yang bermacam-macam, meliputi luka-luka menahun (21 pasien), luka-luka kompleks (23 pasien), dan luka-luka memar yang parah (16 pasien).
Para peneliti menyatakan bahwa penggunaan madu mudah dilakukan bagi semua pasien, kecuali satu orang, membantu pembersihan luka, dan tidak terjadi efek samping apa pun dari penggunaan madu dalam pengobatan luka-luka tersebut.

3. Madu dan Luka Bakar
Dalam rubrik “Luka Bakar” majalah Durns tahun 1996 M, telah dipublikasikan sebuah artikel tentang penggunaan madu untuk pengobatan luka bakar. Artikel tersebut menganjurkan penggunaan madu untuk luka bakar.

4. Antara Madu dengan Infeksi Lambung (Maag)
Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Pharmacolres tahun 2001 M, para peneliti menyatakan bahwa madu bisa membantu pengobatan infeksi lambung.
Para peneliti juga melakukan penelitian lain tentang pengaruh madu alami terhadap bakteri yang terbukti bisa menyebab-kan terjadinya tukak lambung atau infeksi lambung, yang dikenal dengan sebutan bakteri pylori. Diperoleh kejelasan bahwa pemberian cairan madu dengan konsentrasi 20 % bisa melemahkan bakteri tersebut di piring percobaan. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Majalah Tropgastroent tahun 1991 M.

5. Madu bisa menurunkan kadar gula di dalam darah para pengidap penyakit diabetes.
Bukti-bukti menguatkan bahwa di dalam madu terdapat unsur oksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah, sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi.

Bagaimana memperoleh madu yg baik/murni?
Berdasarkan survey pasar di Amerika Serikat di peroleh data bahwa hampir 80% madu yg ada dipasar negara tersebut palsu atau tidak murni. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi di Indonesia.

Agar tidak kecewa membeli madu perhatikan beberapa tips berikut ini : belilah madu langsung dari peternak lebah atau dari produsen yg terpercaya madu murni mempunyai aroma, warna dan rasa yg khas tergantung jenis nektar yg di hisap lebah

Sumber artikel : produsen madu shofiy bekasi



 

Tinggalkan komentar